Selasa, 11 Juni 2013

Jenis-Jenis Wisata

Lebih baik tersesat dengan tahu tujuan dari pada berada di jalan raya tanpa tujuan.
Banyak orang kurang puas dengan apa yang mereka lakukan karena tidak tahu tujuannya. Sebaliknya, orang yang tersesat dengan tahu tujuan dia akan memperoleh kepuasaan ketika dia sampai ke tujuan. Begitu juga dengan merancang sebuah perjalanan wisata. Banyak orang bingung ke mana dia akan pergi dikarenakan tidak tahu dia ingin sebuah perjalanan yang bagaimana. Oleh karena itu saya akan menuliskan jenis perjalanan wisata untuk memudahkan bagi wisatawan menentukan waktu dan tempat yang akan dikunjungi.

1. Menurut Objeknya :
A. Pariwisata Budaya (Culture Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata untuk melihat daya tarik sebuah budaya, adat istiadat, rumah-rumah kuno, dan juga benda-benda kuno.
B.Pariwisata Religi (Religion Tourism)  : Yaitu sebuah perjalanan untuk menyaksikan,melakukan,atau bahkan belajar tentang upaca keagamaan. Juga termasuk di dalamnya untuk melihat benda-benda keagamaan yang bersejarah.
C.Pariwisata Oahraga (Sport Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata atau perjalanan untuk menyaksikan atau melihat pesta-pesta olahraga di suatu tempat seperti PON, World Cup, Asean Games, All England, dll.
D. Pariwisata Kesehatan ( Recurantional Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata atau perjalanan untuk kesehatan dan ingin menyembuhkan penyakit.
E. Pariwisata Sosial (Sosial Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata yang  untuk kegiatan sosial yang dapat dilihat dari segi penyelenggarannya yang tidak mencari keuntungan seperti study tour, wisata pemuda, atau piknik.
F. Pariwisata Politik ( Political Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata untuk melihat atau menyaksikan suatu peristiwa penting yang berhubungan dengan kegiatan suatu negara sepeti memperingati hari kemerdekaan suatu negara.

2. Menurut Alasan atau Tujuan Perjalanan
A. Pariwisata Bisnis ( Bussines Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata untuk tujuan bisnis, dinas, dagang, kongres, seminar, konvesion, simposium, atau semua yang berhubungan dengan pekerjaan.
B. Pariwisata Pembelajaran ( Education Tourism) : Yaitu sebuah pariwisata untuk tujuan studi, atau mempelajari seuatu bidang untuk ilmu pengetahuan.
C. Pariwisata Panggilan (Vocation Tourism), yaitu pariwisata yang pengunjungnya hanya datang untuk berlibur saja.

3. Menurut Waktu
A.Pariwisata Musiman (Seasonal Tourism), yaitu sebuah pariwisata hanya ada pada musim-musim tertentu seperti wisata musim panas dan wisat musim dingin.
B.Pariwisata Peristiwa (Occutional Tourism), yaitu sebuah pariwisata yang untuk menyaksikan sebuah kejadian atau sebuah event seperti Sekaten di Yogyakarta, Ngaben di Bali, dsb.
C. Pariwisata Harian (Daily Tourism): ada 3
   a. Setengah Hari, yaitu pariwisata yang dilakukan pada waktu seperti wisata pagi, wisata siang, wisata sore dan wisata malam.
   b. Setengah Hari Lebih, yaitu pariwisata dari pagi sampai siang atau dari siang sampai malam.
   c. Sehari Penuh (Full Day)

Setelah kita tahu tahu jenis-jenisnya maka bagi kalian yang ingn melakukan wisata tapi bingung mau ke mana maka pertama hapalkan rumus ini Si Adi Demen Babi (Siapa,Apa, Di mana, Mengapa, Bagimana, Bilamana / Kapan). Kemudian lihat tabel di atas dan mulai merancang teknis keberangkatan. Dengan begitu sebuah kalian bisa menikmati perjalanan kalian dengan lebih memuaskan. Ayo Pergi !!! :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar